Perbedaan Asam Urat Dan Rematik

Tidak ada komentar

Mari Mengenal Perbedaan Asam Urat Dan Rematik !!

Banyak orang yang keliru antar penyakit asam urat dan penyakit rematik, dimana banyak yang beranggapan bahwa penyakit rematik adalah penyakit asam urat atau sebaliknya. Namun nyatanya penyakit ini merupakan 2 penyakit yang berbeda.

Mungkin saja mereka menganggap penyakit asam urat dan rematik ini sama karena keduanya merupakan penyakit yang menyerang persendian. Namun jika dilihat dari penyebabnya, tentunya kedua penyakit ini berbeda. Hanya saja penyakit asam urat bisa menjadi salah satu penyebab penyakit rematik.

Penyakit asam urat sendiri merupakan penyakit yang ditandai dengan adanya pembengkakan, atau peradangan pada persendian, terutama pada persendian jari tangan, jari kaki, lutut dan pergelangan kaki.

Asam urat disebabkan oleh penumpukan kristal zat asam urat, dimana penumpukan tersebut mengakibatkan peradangan dan rasa sakit yang luar biasa. Kasus asam urat ini laki-laki lebih sering terserang asam urat, dan pada perempuan kebanyakan asam urat menyerang setelah mengalami menopouse.

Gejala Asam Urat

Rasa sakit yang tiba-tiba muncul pada sendi jari kaki atau tangan, mrupakan salah satu gejala yang sering dialami oleh penderita asam urat. Selain itu, penderita asam urat juga biasa mengalami nyeri hebat yang disertai dengan pembengkakan, sensasi panas, serta kemunculan warna kemerahan pada kulit yang melapisi sendi.

Penykit Rematik. Penyakit rematik merupakan penyakit yang menimbulkan rasa sakit pada otot dan persendian di seluruh tubuh. Berbeda dengan penyakit asam urat, penyakit rematik ini menyerang hampir seluruh persendian di tubuh, ditambah, penyakit rematik ini disebabkan oleh banyak macam penyebab.

Ada banyak jenis penyakit rematik yang diderita manusia, diantaranya adalah rheumatoid arthritis, osteoarthritis, lupus, peradangan tulang belakan, dan masih banyak lainnya. Kira-kira terdapat kurang lebih 100 jenis rematik.

Penyeba rematik ini juga beragam, mulai dari :

  • Asam urat
  • Osteoporosis
  • Autoimun
  • Sering terpapar AC
  • Mandi malam
  • Faktor usia
  • Melakukan pekerjaan yang berat
  • Obat-obatan tertentu, dan lain lain.
Disinilah yang sering menjadi keliru antara asam urat dan rematik, dimana asam urat merupakan salah satu hal yang dapat menjadi penyebab rematik. Namun penyakit asam urat bukan merupakan satu-satunya penyebab rematik. Menderita asam urat juga belum tentu seseorang tersebut menderita rematik.

Disinilah banyak orang yang keliru, dan menyamakan bahwa penyakit asam urat itu sama dengan penyakit rematik.

Mulai saat ini, anda sudah tahu bukan, apa itu penyakit asam urat, dan apa itu penyakit rematik ? Dan anda juga tidak bingung lagi tentang penyakit keduanya.

Jadi kesimpulannya adalah penyakit asam urat dan rematik merupakan penyakit yang berbeda. Keterkaitannya adalah bahwa penyakit asam urat dapat menjadi penyebab penyakit rematik, dan tidak semua penderita asam urat terindikasi menderita rematik.

Baca Juga :
- Obat Komplikasi Rematik Dan Asam Urat
- Cara Mengobati Polimialgia Rematik
Nah, link diatas bisa menjadi referensi anda untuk membantu mengobati masalah rematik dan asam urat yang anda derita.

Semoga informasi tentang perbedaan asam urat dan rematik ini bermanfaat untuk anda, dan anda tidak keliru lagi membedakan antara penyakit rematik dan asam urat.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar